KNPI Gelar Jambore Poros Maritim Pemuda

SOLMET NEWSSOLMETNEWS.COM, JAKARTA – DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Bidang Maritim Jambore Poros Maritim Pemuda bersama Bidang DPD KNPI Provinsi se-Indonesia. Rakor ini dihadiri oleh panitia lokal yang akan menjadi tuan rumah, DPD Kabupaten Bangka beserta Pemda Kabupaten Bangka.

Ketua Umum DPP KNPI Muh Rifai Darus mengatakan, acara akbar Jambore Poros Maritim Pemuda ini akan dilaksanakan di Pantai Matras Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, 24-28 April 2016.

“Acara ini akan dibukan oleh Presiden Jokowi dan dihadiri oleh seribu peserta dari semua elemen pemuda seluruh Indonesia,” kata Rifai, kemarin.

Rencananya akan hadir juga dalam acara ini Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua DPD RI Irman Gusman, Menpora Imam Nahrowi, dan Menko Maritim Rizal Ramli.

Beberapa menteri lainnya yang turut hadir, seperti Menteri Perikanan dan Kelautan (PPK) Susi Pudjiastuti, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, Menteri Koperasi UKM AA Puspayoga, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, dan KSAL TNI.

“Akan hadir juga Kepala Bakamla Arie Sudewo dan Ketua Umum PB HIPMI Bahlil Lahadalia,” tuturnya.

Dijelaskannya, kegiatan ini adalah bentuk dari partisipasi pemuda Indonesia dalam rangka mendukung dan mewujudkan program Nawacita pemerintah, khususnya program poros maritim dunia dan Tol laut.

“Di laut justru kita jaya, sebagaimana pidato Presiden Jokowi saat dilantik 20 Oktober 2014 lalu. Samudera, laut, dan teluk adalah masa depan peradaban kita,” ujarnya.

Ketua DPP KNPI Bidang Maritim yang juga Ketua Panitia Nasional Jambore Poros Maritim Pemuda, Baharudin Farawowan mengatakan, selain acara semiloka kemaritiman, ada juga Deklarasi Satgas Maritim untuk membantu pemerintah.

“Satgas ini nantinya akan dibentuk di seluruh Indonesia sesuai struktur KNPI,” ungkap Baharudin.

Sementara, Ketua DPD KNPI Kabupaten Bangka Ujang Suprianto mengatakan, persiapan yang dilakukan oleh panitia lokal sudah mencapai 80 persen.

Ketua DPD KNPI Sulawesi Utara Jackson AW Kumaat menegaskan, sebagai provinsi kelautan yang berbatasan dengan Filipina, pemuda yang ada di Sulut kerap mendapati permasalahan perbatasan dan illegal fishing. Ia berharap, kehadiran Rakor ini sebagai bentuk keseriusan mengatasi persoalan tersebut.(sbh)

SUMBER : http://www.solmetnews.com/2016/03/27/knpi-gelar-jambore-poros-maritim-pemuda/